jenis-jenis pelabuhan serta dengan contoh soal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFUGXsEKRdPVc61W_3qdarrXKVqbhE3L6HZ9IoAMK4DjOSOfY3Qr49SeI2uvXSdbiSqNkrQ_nQuOMf-UtoKZuxY5LOoVEVQyHs0T2BWYrU-kdadB2rH8UVpMBK_491pmzc76otWc-0Jr8x/s72-c/LOGO+BARU+UNIDAYAN.jpg
Tugas :Mid
PELABUHAN
PELABUHAN
Disusun
oleh
Nama : amirullah
Nim :13 630 014
PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DAYANU IKHSANUDDIN
BAUBAU
2016
TUGAS
PELABUHAN
- Sebutkan jenis – jenis kapal dan
bagian-bagiannya.
- Perlengkapan
apa saja yang ada di Kapal, jelaskan
- Jelaskan
apa yang dimaksud dengan :
§ Deadweight Tonnage
(DWT),
§ Displacement
Tonnnage
§ Gross register tons
(GRT)
§ Draft,
§ Length overall, Loa
1.
Sebutkan jenis –
jenis kapal dan bagian-bagiannya
a. Jenis-Jenis Kapal
v Kapal ikan menggunakan
material dari fiber.
v Kapal penangkap ikan
dari material baja.
v Kapal penangkap ikan
dari material kayu
v Kapal pesiar
v Kapal riset Okeanos
Explorer dari Amerika Serikat
v Kapal Tugboat
v . Kapal pandu
v Kapal supply
v Kapal perang KRI.
Diponegoro
v Kapal General cargo
v Kapal peti kemas
v Kapal penumpang
v Kapal ferri
v Kapal ro-ro
v Kapal ore carrier
v Kapal tangker
v Kapal ternak
v Kapal Liquefied natural gas
v Kapal keruk
v Kapal uap
v Kapal layar
v Kapal water jet
v Kapal fiberglass
v Kapal ferro cement
v Kapal
nuklir
b. Bagian-bagian utama
kapal
a. Anjungan
kapal
b. Buritan
c. Geladak
d. Haluan
e. Jangkar
f. Kemudi
2.
Perlengkapan apa saja yang ada di Kapal, jelaskan
- Radar
harpa,
yaitu radar modern yang bisa mendeteksi
langsung , seperti :
¢ jarak
antara kapal dgn kapal,
¢ kapal
dengan daratan ,
¢ kapal
dengan daerah berbahaya,
¢ kecepatan
kapal,
¢ kecepatan
angin,dan
¢ mempunyai
daya akurasi gambar yang jelas.
- system
GMDSS (Global Maritime Distress safety system)
Suatu
system keselamatan pelayaran secara global.Kalau suatu kapal berada dalam
kondisi berbahaya system ini akan memancarkan berita bahaya yang berisi posisi
kapal, nama kapal, jenis marabahaya, secara otomatis, cepat, tepat , akurat.
- INMARSAT
(International Maritime satelite)
Suatu
system pengiriman berita menggunakan E-Mail, Telephone, Telex, ataupun
Faximile.
- Sekoci (Life Boat)
Sekoci berupa perahu
kecil yang berapa di kanan dan kiri kapal bagian atas atau tepatnya di deck
sekoci. Pada kapal barang biasanya ada dua buah sekoci, sedangkan pada kapal
penumpang atau pesiar jumlahnya sesuai dengan besar atau kecilnya kapal
tersebut. Sekoci biasanya berjumlah 12 buah. Sekoci - sekoci tersebut terbuat
dari logam, kayu atau serat fiber
e. Pelampung Penolong Bentuk Cincin (Ring Life Buoys)
Life buoys ini berbentuk seperti ban mobil. Pelampung ini
akan dilempar ke laut jika ada seorang penumpang yang jatuh ke laut. Alat ini
biasanya terbuat dari gabus pejal dan tahan terhadap minyak. Pelampung ini
harus memiliki warna yang mencolong supaya mudah dikenali. Pada pelampung ada
tanda hurus balok sesuai dengan nama kapal atau pelabuhan tempat kapal itu
terdaftar.
f.
Jaket Penolong (Life Jackets)
Life jacket (Jaket penolong) berbentuk
seperti baju. Jaket penolong ini dipakai penumpang agar mudah terapung di laut
ketika terjadi keadaan darurat. Jaket penolong juga harus memiliki warna yang
mencolok agar mudah dilihat. Jaket ini harus dilengkapi dengan peluit yang
dikaitkan dengan tali untuk menarik perhatian penolong.
g. Rakit Penolong Kembung (Inflatable Liferaft)
Rakit penolong terdiri dari 2 jenis, yaitu rakit kaku dan
rakit yang dikembangkan. Kedua rakit ini digunakan jika gagal menurunkan
sekoci. Rakit penolong harus dilengkapi penutup yang sesuai dengan ukurannya
sehingga dapat melindungi penumpang. Warna rakit ini biasanya mencolok, seperti
warna jingga (orange) sehingga mudah diketahui keberadaannya.
h.
Pelempar Tali Penolong (Line
Throwing Apparatus)
Alat
ini diciptakan oleh tuan Schermily. Alat ini digunakan saat terjadi keadaan darurat.
Alat pelempar tali ini harus dapat melempar tali paling dekat sejauh 230 meter.
3.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a) Displacement
Tonnnage, (Ukuran Isi
Tolak) adalah volume air yang
dipindahkan oleh kapal, atau sama dengan berat kapal.
b) Deadweight Tonnage
(DWT), Bobot mati
Yaitu berat total muatan yang dapat diangkut kapal dalam
keadaan pelayaran optimal ( draft kapal ).
c) Gross register tons
(GRT), Ukuran isi kotor
adalah volume keseluruhan ruangan kapal (1 GRT = 100 ft3 =
2,83 m3)
d) Draft, (Sarat) adalah
bagian kapal yang terendam air pada keadaan muatan maksimum, atau jarak antara
garis air pada beban yang direncanakan (design load water line) dengan
titik terendah kapal
e) Length overall, Loa (
Panjang total ) dalah panjang kapal dihiting dari ujung depan ( haluan ) sampai ujung
belakang (buritan )
f) Length between
perpendiculars,
LPP ( panjang
garis air ) adalah panjang antara kedua ujung design load water line.
Posting Komentar